Inilah Mengapa AC Mati Menurut Teknisi HVAC Medan


Mungkin Anda pernah menemukan AC yang tiba – tiba suka hidup mati sendiri ? dan tahukah Anda penyebab kenapa AC tersebut suka mengalami kejadian hidup mati sendiri ?. Apabila Anda pemilik Ac yang sudah beberapa tahun mungkin pernah mengalami hal ini, solusinya hubungilah teknisi hvac medan.

Berdasarkan pengalaman dari beberapa orang teknisi, memang kerusakan seperti ini sering terjadi terutama pada unit AC split, jika di pikir emang terdengan sangat aneh, namun itulah peralatan elektronik tidak bisa kita pungkiri selalu saja ada kerusakan yang bisa saja terjadi.

Nah pada kesempataan kali ini carijasa akan membahas kenapa Ac sering mati hidup sendiri, apakah karena sering tidak mendapatkan perawatan rutin,atau emang sudah rusak, itulah sebabnya kenapa ac harus di service meski masih dalam keadaan hidup hal ini untuk mencegah berbagai kerusakan.

Berikut penjelasan singkatnya :

1. Thermise Otomatis AC sudah tidak berfungsi
Dari beberapa penggalaman teknis ac , bisa saja ac yang suka hidup mati sendiri karena akibat kerusakan pada thermise otomatis ac dan biasanya sering terjadi pada unit ac merk panasonic dan samsung, tapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada Ac yang lain. Biasanya ketika mengalami kerusakan seperti disebabkan oleh masa dari thermise otomatis tersebut sudah habis. Atas kejadian inilah menyebabkan ac tidak bisa di remot, sehingga ac selalu hidup mati sendiri, solusi untuk menanganinya adalah dengan menjauhkan thermise atau maya kucing thermise itu dari evaportator indoor.

2. Switch atau Tombol On Off Indoor Tidak Normal
Penyebab lain kenapa ac sering hidup mati pada sebuah AC biasanya karena usianya sudah tua, switch on off yang tidak normal juga bisa menjadi penyebab ac hidup mati sendiri, nah cara mengatasinya adalah dengan melangsung switch on of dengan cara di solder kemudian untuk menghidup dan mematikannya bisa menggunakan remot, namun ac tidak bisa di hidup matikan dengan tombol switch atau tombol on off

3. Error pada Modul
Jika mengalami kerusakan yang ini bisa jadi karena disebabkan oleh terkena tegangan yang tinggi atau voltase listrik yang rendah / tidak normal yaitu jalur on off dengan modul terjadi korsleting, nah cara mengatasinya adalah dengan menggunakan tester, namun apabila modul ac tidak normal segeralah lakukan perbaikan pada jalur yang konsleting tersebut. Namun biasnaya kerusakan model ini jarang sekali terjadi, dan untuk mencegahnya usahakan menggunakan stabilizer pada ac tersebut agar arus listrik yang masuk ke Ac tetap stabil.yaitu 220 volt.

4. Timer pada Indoor Nyala atau Aktif
Inilah adalah model kerusakan AC yang sering sekali terjadi, dan biasanya pengguna Ac menyalakan timer namun lupa untuk mematikannya, dan berpikir bahwa AC tidak normal, cara mengatasinya cukup matikan timer melalui tombol remot ac.
Itulah beberapa penyebab yang sering terjadi ac sering hidup mati sendiri dan cara mengatasinya, jika anda masih mengalami kesulitan untuk mengatasi hal ini, tidak ada salahnya untuk melakukan service ac kepada teknisi yang berpengalaman supaya Ac anda normal kembali